Kudapan Croffle yang Sedang Populer di Media Sosial

  • Bagikan
croffle
Croffle menjadi salah satu kudapan yang sedang hits atau populer di media sosial. Perpaduan rasanya yang renyah dan lembut sangat terasa./ Foto : Istimewa

PAPUA, INDOtayang.COM — Croffle menjadi salah satu makanan kudapan yang saat ini sedang hits atau populer di media sosial. Perpaduan rasanya yang renyah sekaligus lembut bisa terasa di penganan ini. Namanya sendiri merupakan gabungan dari dua jenis makanan yakni croissant dan waffle.

Kedua jenis penganan ini sebenarnya memiliki bentuk yang berbeda. Croissant umumnya berbentuk seperti bulan sabit, sedangkan waffle memiliki banyak bentuk tergantung cetakannya.

Adonan croissant dan waffle pun berbeda. Croissant merupakan jenis pastry beragi yang harus diistirahatkan sebelum dibentuk dan dipanggang.

Sementara adonan waffle bentuknya cair dan bisa langsung dipanggang setelah semua bahan tercampur.

Nah, bentuk dan adonan dari kedua jenis cemilan itulah yang kemudian hits bergabung dan terlahir nama croffle dari seorang koki asal Dublin, Irlandia, yang bernama Louise Lennox.

Sejarah Croffle

Melansir The Taste, Sebelum populer di media sosial Lennox memiliki ide untuk menyatukan dua jenis kudapan tersebut menjadi makanan penutup. Lennox kemudian mendapat tawaran dari Cuisine de France untuk mengembangkan idenya tersebut.

Kemudian pada 2017, croffle akhirnya terjual untuk pertama kali di sebuah kafe bernama La Petite Boulangerie milik Cuisine de France yang berlokasi di pusat Dublin.

Penganan yang ia sajikan dibuat dari adonan croissant yang kemudian dimasak dengan cara dipanggang dalam cetakan waffle.

Croffle cocok sebagai makanan penutup dengan cita rasa manis atau gurih, tergantung pada toppingnya.

  • Bagikan