Perusahaan Bulgaria Teken MOU Bisnis Rendang Rp 43 M dengan RI

  • Bagikan
rendang
Duta besar RI untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta memperkenalkan program 'Rendang Goes to Europe/ Foto : Istimewa

PAPUA, INDOtayang.COM— Duta besar RI untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta memperkenalkan program ‘Rendang Goes to Europe’. Untuk kepentingan Bisnis

Program ini berlangsung untuk memperkenalkan budaya dan kuliner Indonesia

Setelah sebelumnya ia juga mempromosikan jamu, sepeda kayu, konveksi apparel olahraga di sana.

Untuk memperkenalkan rendang, Iwan Duta Besar RI menggandeng pakar kuliner nusantara William Wongso.

Ia pun berhasil menggaet perjanjian investasi dengan Bela Ltd, sebuah perusahaan di Bulgaria untuk membuat makanan olahan daging asal Sumatera Barat itu bisa didistribusikan ke kawasan lain di Eropa.

Penandatanganan Mou bisnis itu berlangsung pada Minggu, 28 November 2021. “Nilai investasinya US$ 3 juta (setara Rp 42,9 miliar dengan kurs Rp 14.300 per dolar AS).

Pasarnya tidak hanya Bulgaria, tapi Bulgaria ini akan kami jadikan ‘hub’ atau penghubung untuk pasar rendang ke Eropa, khususnya negara-negara Balkan,” kata Iwan Bogananta dalam keterangan tertulis, Minggu.

Iwan menyatakan, KBRI Bulgaria merasa gembira bisa lebih membuat rendang lebih terkenal di negara kawasan Eropa Timur itu. Adanya program tersebut, kata dia, bukan berarti orang Eropa belum mengenal rendang.

“Selama ini sudah, tapi akan lebih kita masifkan lagi, sehingga dari situ rasa cinta mereka pada negara produsen rendang akan semakin kuat,” kata Iwan.

  • Bagikan