Berikut 6 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

  • Bagikan
daya tahan tubuh
Musim hujan kembali tiba. Perubahan temperatur menjadi lebih dingin terkadang bisa menurunkan daya tahan tubuh bagi sebagian orang. / Foto : Istimewa

PAPUA, INDOtayang.COM— Musim hujan kembali tiba. Perubahan temperatur menjadi lebih dingin terkadang bisa menurunkan daya tahan tubuh bagi sebagian orang. Banyak penyakit lalu datang tanpa kita undang, flu misalnya.

Padahal, daya tahan tubuh jadi kunci untuk bertahan selama pandemi berlangsung. melansir dari The Pharmacy Guild of Australia, Minggu, 7 November 2021, pola makan yang buruk, stres kronis, dan kurang tidur dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Lalu, bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh di musim hujan? Simak enam tips berikut ini.

1. Minum Air Mineral yang Banyak

Minum air mineral yang banyak dapat membantu membuang racun tubuh dan mengencerkan lendir di saluran pernafasan. Jika Anda pilek, lendir tersebut akan meningkat untuk melawan infeksi dan menjaga lendir tetap encer memudahkan Anda untuk mengeluarkannya dari hidung.

Selanjutnya, Banyak minum air mineral juga membantu mencegah dehidrasi yang disebabkan oleh Perubahan temperatur . Umumnya, manusia harus minum minimal empat hingga enam cangkir per hari, tetapi kebutuhan air orang pun dapat berbeda-beda tergantung dari kondisi tubuhnya masing-masing.

“Orang yang lebih tua tidak merasakan rasa haus sebanyak ketika masih muda dan itu bisa menjadi masalah,” ujar Dr. Julian Seifter, spesialis ginjal dan profesor kedokteran di Harvard medical School, dilansir dari Harvard Health Publishing.

2. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang sehat dan seimbang merupakan hal penting dalam menjaga sistem imun tubuh. Ingat dengan sistem isi piringku sebagai panduan konsumsi. Sebagian besar sistem kekebalan tubuh berada di saluran pencernaan, sehingga Anda harus menjaga agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Selanjutnya, Jika Anda membutuhkan bantuan, coba bicarakan dengan dokter masing-masing. Berkonsultasi dengan dokter dapat membantu kita pula untuk menentukan mana nutrisi yang baik bagi tubuh.

3. Tidur yang Cukup

Jangan anggap sepele manfaat tidur. Melansir My Heart Finder, tidur yang cukup bermanfaat mencegah tubuh sakit, dapat menjaga berat badan yang ideal, dan menurunkan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup serta kualitas tidur yang buruk, tubuh kesulitan melepaskan sitokin. Sitokin adalah protein yang berperan penting dalam melawan infeksi. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh jam atau lebih untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dengan jadwal yang teratur setiap malamnya.

4. Olahraga Teratur dan Berjemur

Olahraga ringan yang teratur baik untuk sistem kekebalan dan kesehatan mental Anda. Dengan berolahraga dapat meningkatkan perubahan temperatur aliran darah yang mengedarkan sel darah putih ke seluruh tubuh. Sel darah putih adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh dan menjadi garis terdepan ketika tubuh terinfeksi kuman.

Dan Juga, Jangan lupa untuk menyempatkan diri berjemur. Meski mungkin matahari tidak selalu muncul setiap hari di musim hujan, tubuh membutuhkan asupan Vitamin D untuk membantu menangkal kuman.

5. Segera Vaksinasi Flu

Selain Covid-19, flu juga dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari. Sedapat mungkin Anda mencegahnya, misalnya dengan vaksinasi flu. Idealnya, vaksinasi flu kita lakukan sekali setiap tahun untuk menjaga tubuh kebal dari virus penyebab flu.

6. Hindari Stimulan

Untuk menjaga daya tahan tubuh, Anda menghindari stimulan penurun daya tahan tubuh, seperti minuman energi, soda, kafein yang berlebih, dan nikotin. Merokok dapat menekan sistem kekebalan Anda karena ia menekan antibodi yang dibuat oleh tubuh secara alami yang berfungsi untuk melawan flu.

Minuman beralkohol juga perlu diwaspadai. Minuman ini selain dapat menaikan berat badan, dapat pula menciptakan lingkungan yang menarik bagi virus. (Yan)

Sumber : Liputan 6

  • Bagikan