McLaren Masih Merasa Kesulitan Untuk Menaklukan Ferrari

  • Bagikan
formula 1
Balapan ke-17 Kejuaraan Dunia Formula 1 2021, McLaren masih belum mampu menaklukan ferrari dan bertahan di posisi ketiga klasemen konstruktor/ Foto : Istimewa

PAPUA, INDOtayang.COM— Sampai balapan ke-17 Kejuaraan Dunia Formula 1 2021, McLaren memang masih mampu bertahan di posisi ketiga klasemen konstruktor. Namun, menjelang lima balapan terakhir, Ferrari menguntit mereka di P4 dengan gap hanya 3,5 poin.

Menjelang gelaran Grand Prix Meksiko, akhir pekan (5-7/11/2021) ini, Prinsipal Tim McLaren Andreas Seidl sudah menegaskan kepada seluruh anggota timnya untuk bersiap menghadapi tantangan berat demi mempertahankan posisi ketiga konstruktor.

Pria asal Jerman tersebut mengakui adanya tekanan dari Ferrari. Namun, Seidl menegaskan McLaren pastinya siap menghadapi tantangan Formula 1 2021 dari tim paling sukses dalam sejarah Formula 1 tersebut.

Tantangan Sesuangguhnya

“GP Meksiko akan menjadi awal dari meningginya intensitas bagi tim. Utamanya karena triple-header (Meksiko, Sao Paulo, Qatar) dalam tiga pekan dengan penerbangan cukup panjang,” kata Seidl.

“Skenario ini tidak hanya cukup menantang tetapi juga menyuguhkan banyak kesempatan. Kami akan bekerja keras untuk mendapatkan performa maksimum pada setiap balapan.”

Andreas Seidl, Prinsipal Tim Ini, berada di pit wall bersama sejumlah teknisi mengawasi jalannya balapan F1 GP Amerika Serikat.

Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez, tuan rumah GP Meksiko, terletak lebih dari 2 km di atas permukaan laut. Kondisi ini membuat kadar oksigen lebih sedikit dibanding lokasi lainnya.

“Meksiko menghadirkan tantangan unik, utamanya dari sisi set-up mobil. Situasi ini bisa mengubah posisi peringkat di klasemen,” ucap Seidl.

“Dataran tinggi dan tipisnya oksigen berarti kami harus turun dengan set-up downforce lebih daripada balapan di trek ‘normal. Ini bisa saja menyulitkan. Kami sudah menguji di simulator untuk mendapatkan data sebanyak mungkin sebelum balapan akhir pekan.”

Mengacu berbagai kondisi Meksiko, McLaren bukan tidak menyadari akan sangat mungkin digeser oleh Ferrari di klasemen konstruktor. Apalagi, jarak kedua tim hanya dipisahkan kurang dari lima poin.

Seidl pun memahami benar bila McLaren tidak akan mudah mempertahankan peringkat ketiga di klasemen ini. Utamanya dari kejaran Ferrari.

McLaren Berharap Konsisiten Menang

“Kami tahu bahwa setiap race akan sangat penting. Tidak ada waktu bagi kami untuk mengendurkan performa. Mempertahankan posisi kami di kejuaraan konstruktor akan menjadi tantangan. Namun, kami siap menghadapi tantangan tersebut,” tutur Seidl.

Dari 17 balapan yang sudah berlangsung, performa McLaren dan Ferrari memang tidak jauh berbeda. Untuk kemenangan, McLaren sedikit lebih unggul setelah Daniel Ricciardo naik podium utama di GP Italia.

Duet Lando Norris (4) dan Ricciardo (1) juga sudah memberikan lima finis podium untuk McLaren. Bandingkan dengan empat torehan Ferrari lewat Carlos Sainz (3) dan Charles Leclerc (1).

McLaren (2) juga unggul atas Ferrari untuk fastest lap. Tetapi untuk pole position, Ferrari (2) sedikit lebih baik daripada McLaren (1).

Untuk klasemen pembalap kejuaraan dunia, kedua tim juga terpaut sangat tipis. McLaren menempatkan Norris sebagai pembalap terbaik di klasemen dengan berada di P5. Tetapi, Norris hanya unggul satu level atas Leclerc dengan gap 21 poin. (Yan)

Sumber: motorsport.com

  • Bagikan