Prasarana Era Jokowi, dari Trans Papua hingga Jembatan Youtefa

  • Bagikan
papua
Pembangunan Prasarana Papua di era pemerintahan presiden Joko Widodo berkembang cukup pesat. Sejak terpilih memimpin negeri ini pada 2014/ Foto : Istimewa

PAPUA, INDOtayang.COM— Pembangunan Prasarana Papua di era pemerintahan presiden Joko Widodo (Jokowi) berkembang cukup pesat. Sejak terpilih memimpin negeri ini pada 2014 lalu,

Jokowi perlahan merealisasikan janjinya untuk membangun prasarana Indonesia Timur khususnya Papua dalam rangka memperbaiki akses dan konektivitas masyarakat Pulau Kepala Burung.

Semenjak  menjabat presiden, setidaknya sudah 12 kali presiden Jokowi mengunjungi Papua dan Papua Barat. Hal tersebut dilakukan karena mantan gubernur DKI Jakarta itu ingin langsung mengetahui permasalahan yang ada di lapangan.

Maka, kebiasaan ‘blusukan’ yang kerap dilakoninya semasa menjadi kepala daerah pun dilakukannya di Bumi Cendrawasih. Bahkan, Jokowi sempat menjajal jalan Trans Papua dengan mengendarai motor trail di ruas Wamena-Mamugu 1 pada Mei 2017 lalu.

Mengutip Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, penyediaan infrastruktur terutama jalan di Papua bukan hal yang mudah, tetapi upaya tersebut juga bukan hal mustahil.

Pembangunan jalan hingga ribuan kilometer tersebut bertujuan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat Papua. Dalam konstruksi jalan dan jembatan di Papua, pemerintah juga harus mengesampingkan aspek tingkat pengembalian investasi.

Sebagai catatan, untuk tahun 2021 saja, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran untuk pembangunan infrastruktur Papua dan Papua Barat hingga Rp9,79 triliun. Dalam rangkuman berbagai sumber, berikut beberapa pembangunan infrastruktur Papua di era pemerintahan presiden Jokowi:

1. Pembangunan Jalan Trans Papua

Jalan Trans Papua yang memiliki total panjang 3.462 kilometer terus kita kebut pembangunannya. Hingga pertengahan 2021 masih tersisa 16 km jalan yang belum tembus
Pembangunan jalan Trans Papua kita ketahui menjadi salah satu program Nawa Cita Presiden Joko Widodo. Pada tahun 2017 Jalan Trans Papua segmen I di Papua Barat, tepatnya ruas Sorong-Kambuaya-Manokwari, sepanjang 594,81 kilometer (km), telah tersambung.

2. Akses PON XX

Ada delapan sarana olahraga, salah satunya yakni Stadion Papua Bangkit berstandar internasional.

3. Jembatan Youtefa

Jembatan ini merupakan landmark baru Jayapura. Mulai pembangunannya tanggal  9 Mei 2015 dan peresmiannya oleh Presiden Joko Widodo pada 28 Oktober 2019.

Nama Youtefa kita pakai sebagai nama jembatan itu berdasarkan permintaan masyarakat adat dan sesuai lokasinya yang berada dalam kawasan Teluk Youtefa. Sebelumnya, jembatan ini punya nama jembatan Holtekamp. (Yan)

Sumber : Sindonews.com

 

  • Bagikan