Begini Review Film The Medium Lengkap dengan Sinopsisnya

  • Bagikan
the medium
Film The Medium sedang viral berkat jalan ceritanya yang seru dan menegangkan. Para pecinta horror tentunya sudah mengetahui film ini./ Foto : Istimewa

PAPUA, INDOtayang.COM— Film The Medium sedang viral berkat jalan ceritanya yang seru dan menegangkan. Para pecinta film horor tentunya sudah mengetahui tentang ini.

Film horor berkat kolaborasi Thailand dan Korea Selatan ini sukses masuk ke dalam Box Office Korea Selatan dengan menempati posisi ketiga teratas dan masih viral di media sosial.

The Medium tayang sejak Juli 2021 dan sudah tampil pada Festival Film Fantastis International Bucheon ke-25, dan kemudian tayang perdana di Negeri Ginseng pada bulan yang sama.

Film ini seru bukan hanya mengusung adegan yang menyeramkan dan menegangkan saja, lebih jauh dari itu jalan cerita dari film ini sangat dekat dengan ritual mistis Tanah Air yang masih dipraktikkan sampai saat ini yaitu perdukunan.

The Medium juga berhasil menjadi salah satu film viral dan seru  dengan penonton terbanyak pada beberapa negara Asia. Nah, berikut adalah fakta menarik film The Medium yang tengah viral menjadi perbincangan publik yang melansir dari berbagai sumber.

Mengisahkan Tentang Dunia Perdukunan dan Ritual Pengusiran Setan

The Medium pertama adalah mengangkat tema dukun. Tidak hanya di Indonesia yang penuh dengan cerita perdukunan

Tapi juga di Thailand, tempat lahirnya film The Medium, banyak orang yang percaya dengan dunia perdukunan.

Seperti yang diperlihatkan dalam trailer The Medium sangat menegangkan , film tersebut berlatar di daerah Isan di Thailand, di mana orang-orang dikatakan masih percaya pada kekuatan spiritual. Film ini juga menekankan ritual dari banyak adegan hipnosis.

Kemudian, Ni (Sawanee Utoomma), sebagai seorang dukun, mencoba menyembuhkan mereka yang kesurupan oleh roh jahat, tetapi keadaan menjadi lebih kacau.

The Medium telah mengangkat cerita tentang Shamanisme, sebuah kepercayaan yang telah ada selama berabad-abad, terutama dalam wilayah Isan, Thailand.

Melansir dari thepuketnews.com, Shamanisme adalah kepercayaan sekelompok orang yang percaya pada kekuatan spiritual, yang dapat memperoleh pengetahuan, kekuatan, dan lainnya.

Diperankan Aktor Papan Atas Thailand

Salah satu kesuksesan film ini juga tidak terlepas dari dukungan akting para aktornya yang memiliki penampilan yang bernilai tinggi dan visualisasi karakter yang sukses.

Pencinta film atau drama Thailand pasti tahu nama-nama aktor berbakat, seperti Sawanee Utooma, Yasaka Chaisorn, Naryya Gulmongkopech dan Sirani Yankittikan, yang selalu wara-wiri dalam berbagai judul film atau drama Thaildand.

Kolaborasi 2 Sutradara Horor Ternama

Jika kamu pernah menonton film Shutter (2004), Pee Mak (2013) atau One Day (2016), kamu mungkin tidak asing lagi dengan nama sutradara di balik film horor Thailand terkenal, Banjong Pisanthanakum.

Kali ini Banjong berkolaborasi dengan Na Hong Jin, seorang sutradara film thriller horor 2016 The Wiling”. The Medium adalah karya dua sutradara horor profesional terkenal, Banjong dan Na Hongjin. Bisa kita bayangkan bagaimana hasil kolaborasi keduanya?

Masuk Box Office Korea Selatan

Prestasi The Medium tersebut tidak hanya sukses di negara pembuatannya, tetapi juga mampu masuk Box Office Korea Selatan. Film ini memperoleh pendapatan hingga 5,6 juta dolar Amerika Serikat, yang setara dengan 80,3 miliar rupiah.

Sebelumnya, film The Medium juga yang baru rilis kemarin pada Festival Film Fantasi Internasional Bucheon ke-25 pada 11 Juli 2021. Film horor ini tayang perdana di Korea Selatan pada 14 Juli 2021.

Meraih Penghargaan Bergengsi

Pada Festival Film Fantasi Internasional Bucheon, The Medium memenangkan penghargaan utama dalam kategori terbaik di Bucheon.

Kemudian ada Bifan Award pada tahun 2021, hingga calon nominasi dalam Official Fantastic Competition di Sitges Catalonian International Film Festival 20211.

Para kritikus film pun menilai The Medium pantas mendapatkan penobatkan sebagai film mockumentary film terbaik, karena sudah mengusung sinematik yang sangat keren.

Sinopsis Film The Medium

The Medium menceritakan kisah legendaris seorang dukun yang memiliki keluarga di Isan, daerah terpencil Thailand. Penduduk setempat percaya bahwa dalam ritual tertentu, roh jahat akan muncul dan masuk ke tubuh dukun.

Konon penduduk setempat masih menganut kepercayaan misterius, sehingga mereka sangat percaya dengan tradisi tersebut.

Selama berabad-abad, kepercayaan masyarakat terhadap arwah telah memberikan banyak tempat bagi masyarakat Isan untuk beribadah dan berdoa, mulai dari rumah hingga hutan. Bagi penduduk lokal Isan, arwah bukan hanya arwah orang mati.

Roh dalam kepercayaan orang Isan juga berarti bahwa segala sesuatu, termasuk rumah, pohon, gunung, hutan, dan sawah, mereka anggap memiliki roh.

Trailer The Medium menunjukkan ketegangan selama ritual pengusiran roh jahat. Jeritan, lonceng, teriakan orang, dan lantunan mantra. Adegan-adegan menegangkan dan seru berhasil membuat film The Medium penuh horor. (Yan)

Sumber : Viva.co.id

  • Bagikan