Harapan Menpora, Semoga PON Jadi Ajang Pembinaan Olahraga Yang Merata

  • Bagikan
mentri pemuda dan olahraga (menpora) zainudin amali berharap penyelenggaraan pon xx papua2021 ini bisa jadi ajang pembinaan olahraga yang merata di seluruh indonesia
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, Berharap Pembinaan Atlet di Tanah Air Merata Seiring Penyelenggaran PON XX Papua/Foto Istimewa

JAYAPURA.INDOtayang.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, berharap pembinaan olahraga di Tanah Air merata seiring adanya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Atlet bisa mengukir prestasi setelah dapat dukungan adanya fasilitas olahraga yang memadai dalam daerahnya masing-masing.

“Pelaksanaan PON ini kita sebar (setiap provinsi) untuk pemerataan fasilitas olahraga. Dengan adanya Penyelenggarakannya PON dan kita gilir tuan rumahnya, maka akan muncul bibit prestasi,” kata Menpora Zainudin Amali dalam konferensi pers kepada wartawan secara virtual dari Jayapura, Sebagaimana kutipan Kemenpora,  Sabtu (16/10/2021):

Menurutnya, saat ini pemerataan atlet dalam setiap daerah sudah berimbang. Hal tersebut terlihat dengan hadirnya atlet dalam skuat tim nasional dalam berbagai cabang olahraga.

“Saya kira pada tim nasional pada berbagai cabang olahraga sudah berimbang. Sudah muncul yang mengisi dalam masing-masing cabor. Pembinaan olahraga juga harus kita dukung dengan sport science dalam setiap daerahnya,” ujar Menpora Amali.

Pada pelaksanaan PON XX Papua 2021, Menpora Amali mengapresiasi kontingen tuan rumah yang berhasil menduduki peringkat empat dalam klasemen. Ini menandakan atlet Papua mampu bersaing dengan daerah lain, yang mana kontingen dari Pulau Jawa pada sebelumnya mendominasi lima besar.

“Kemunculan Papua sebagai peringkat empat ini luar biasa dengan segala upaya mereka. Mudah-mudahan ini menjadi tanda perbaikan sarana dan pembinaan diluar Pulau Jawa,” jelas Menpora Amali.

Lebih lanjut, Menpora Amali meminta setiap daerah fokus dalam cabang olahraga yang menjadi unggulan. Sehingga, dengan konsentrasi pembinaan cabang olahraga tersebut, maka konsisten meraih medali bisa terjaga.

“Apalagi sekarang sudah jelas ya, ada panduannya yakni desain besar olahraga nasional atau DBON. Saya kira jelas ya didalam  ada cabang olahraga yang kita dorong dan fokus ke Olimpiade. Pembinaan olahraga di tanah air  harus kita dukung sport science. Saya harap kedepan tentu semakin merata pembinaan olahraga kita,” pungkas Menpora Amali (Yan).

Sumber : Infopublik.id

  • Bagikan