Akses Venue PON XX Papua 2021 Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

  • Bagikan
pon xx papua 2021 di kabupaten mimika menggunakan aplikasi pedulilindungi
Dalam rangka  pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua, Kabupaten Mimika menggunakan aplikasi PeduliLindungi/ Foto : playstore

MIMIKA, INDOtayang.COM– Pemerintah Kabupaten Mimika selain mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes), juga memastikan penggunakan aplikasi PeduliLindungi di semua tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 termasuk venue pertandingan.

Wakil Bupati (Wabub) Mimika, Johannes Rettob mengatakan, bahwa saat ini pihaknya bersama stakeholder terkait dan Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Klaster Kabupaten Mimika, sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi di semua tempat,

Termasuk di venue cabang olahraga (Cabor) agar bisa melakukan  tracking (pelacakan) hingga tracing (penelusuran) data-data pengunjung di sekitar  daerahnya.

Serta mengetahui berapa banyak orang yang terdeteksi mengalami COVID-19.

Menurut Wabup pihaknya sangat mendukung penggunaan aplikasi ini, karena dapat juga mengetahui zona-zona wilayah status level penanganan COVID-19, misalnya daerah hijau, merah dan kuning.

Wabup mengungkapkan, terkait ini pihaknya sudah melakukan uji coba pada pertandingan futsal yang cukup antusias penontonnya.

Hasil uji coba membuktikan aplikasi PeduliLindungi cukup efektif mencegah terjadinya potensi penularan hingga klaster baru COVID-19.

“Sudah kita uji coba, dan hasilnya cukup efektif mencegah penularan Covid-19 di area pertandingan,” ujar Wagub Johannes Rettob, saat jumpa pers di Media Center Kominfo Klaster Mimika, Kamis (30/9/2021).

Selain itu, Wabup Johanes menambahkan, bahwa  saat ini Bandara Mozes Kilangin juga sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Untuk pendataan penumpang baik yang datang maupun yang berangkat.

Meski sempat terkendala jaringan, kata dia, namun berkat kerja keras PT  Telkom Indonesia semua bisa diatasi.

Melakukan sosialisasi masif

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Mimika, Abraham Kateyauw menyampaikan, bahwa upaya terkait penanganan pandemi COVID-19 dalam rangka pelaksanaan PON XX Papua 2021 ini. Sudah dilakukan sejak 2020 lalu, saat pandemi baru mulai

Salah satunya, menurut Kadis Kominfo, yaitu dengan melakukan sosialisasi yang masif ke masyarakat. Dengan menggunakan Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK).

“Hampir setiap minggu kita turun ke lapangan untuk menyampaikan dampaknya dari COVID-19″ katanya. (Yan)

Sumber : Indonesia.go.id

  • Bagikan